Bleaching & Kerontokan Rambut

Pembawaan diri menunjukkan siapa kita yang sebenarnya. Begitu juga cara kita menata rambut – mahkota kepala kita – yang membuat kita terlihat menakjubkan. Hairstyle yang kita pilih menjelaskan banyak hal mengenai diri kita. Begitu juga pewarnaan rambut.

 

Beberapa orang akan melakukan perubahan yang drastis dan akan memilih warna biru atau hijau untuk penampilan yang lebih mencolok. Namun pertanyaan yang sering dilontarkan adalah –

APAKAH BLEACHING/MEWARNAI RAMBUT DAPAT MENYEBABKAN KERONTOKAN?

Pewarna rambut dapat merusak rambut Anda, tetapi dalam beberapa kasus tidak menyebabkan kerontokan rambut. Mewarnai rambut Anda menyebabkan hilangnya protein dari rambut dalam jumlah yang kecil, sehingga rambut akan terlihat lebih tipis, terutama jika Anda mencerahkan warna rambut Anda.

Tetapi itu dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Hair Dye Trend

Dari semua metode pewarnaan rambut, bleach mempunyai potensi merusak yang paling besar, oleh sebab itu disarankan untuk dilakukan secara professional. Bleaching mengangkat kutikula luar rambut, yang memungkinkan bahan bleach untuk menembus secara maksimal, dengan memasuki batang rambut dan bereaksi dengan molekul pigmen yang stabil, kemudian memecahkan mereka ke dalam beberapa komponen yang akan membuang pigmen langsung dari rambut Anda.

Bleaching juga menghancurkan asam lemak alami yang dapat melemahkan batang rambut. Ini adalah kerusakan permanen dan semakin lama Anda melakukan bleaching, kondisi rambut Anda akan menjadi semakin buruk. Selain itu, melakukan bleaching secara berulang-ulang kali dapat meningkatkan skala kutikula dan menyebabkan hilangnya produksi kelembapan pada rambut. Kerusakan bleaching bekerja secara kumulatif, sehingga rambut Anda akan semakin sulit untuk bertahan setiap Anda melakukan sesi bleaching³∗×

Namun, kerontokan rambut secara sementara akan terjadi apabila ¹’²:

i)bleach menyebabkan luka bakar kimia dan luka bakar tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada folikel kulit kepala dan rambut. Hal ini dapat mengakibatkan kerontokan rambut
ii)rambut dalam kondisi yang sangat buruk karena bleaching, dapat menyebabkan rambut patah sampai ke kulit kepala
iii) pewarna rambut menyebabkan kulit kepala meradang dan sakit (terlihat jelas jika terjadi).

Langkah untuk mencegah dan menangani kerontokan rambut yang disebabkan oleh bleaching.

Hair Bleaching

Berikut adalah 7 langkah untuk menyelamatkan rambut saat Anda mewarnai/bleaching rambut untuk mencegah resiko kerontokan rambut:

1. Sebelum Anda mewarnai rambut/bleaching, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke trichologist untuk memeriksa kondisi rambut Anda. Seorang trichologist juga akan memberikan perawatan pre-bleaching untuk mengetahui kondisi kulit kepala Anda sebelum bleaching rambut.

2. Gunakan hair-conditioner atau masker rambut 3 hari sebelum dan setelah bleaching/highlighting rambut, dan lakukan secara rutin setiap minggunya. Ini akan membantu Anda dalam melindungi dan melembabkan rambut, membuat rambut menjadi lebih lembut, serta mencegah rambut patah selama proses bleaching dilakukan.

3. Lakukan uji alergi sebelum melakukan prosedur bleaching.

4. Disarankan proses bleaching rambut ditangani oleh orang yang professional karena bleaching rambut berarti merusak kulit kepala dan sangat tidak diperbolehkan bahan bleach menyentuh kulit kepala Anda, terutama pada kulit kepala yang halus. Jadi lebih baik jangan dilakukan sendiri.

5. Selama proses bleaching, peringatkan stylist Anda jika kulit kepala terasa panas karena dapat menjadi tanda kulit kepala Anda terbakar atau alergi. Apabila hal itu terjadi, hentikan proses bleaching. Segera konsultasi ke trichologist jika rasa panasnya tidak menghilang.

6. Setelah proses bleaching, periksa kulit kepala Anda. Apakah Anda merasa kulit kepala kasar atau berkerak? Apakah kulit kepala terlihat merah dan iritasi atau terbakar? Jika iya, maka Anda mengalami luka bakar kimia karena bahan kimia pada bleach rambut sangat kuat, atau bisa jadi Anda sensitif pada bahan tersebut. Konsultasikan pada trichologist professional secepatnya untuk melakukan diagnosis dan pengobatan sebelum kondisinya memburuk dan menyebabkan kerusakan permanen.

7. Setelah bleaching, apakah Anda mengalami rambut patah yang berlebihan pada kulit kepala? Hal ini merupakan kondisi yang tidak wajar pada rambut. Dalam kasus ini, Anda perlu mencari pertolongan dari trichologist dan memulai untuk melakukan reparative regimen secepat mungkin.

bleached-hair

Jangan Mengesampingkan Penyebab Lain

Meskipun bleaching/mewarnai rambut bukan salah satu penyebab rambut rontok, adapun penyebab lain seperti kerontokan rambut genetik, memakai alat catok rambut/hairdryer, atau bahkan mengkonsumsi obat juga dapat menyebabkan rambut rontok. Penasaran mengapa Anda mengalami kerontokan rambut? Klik disini untuk mencari tahu 6 tanda-tanda rambut rontok.

Apabila Anda khawatir dengan kerontokan rambut yang terus terjadi, berhentilah menggunakan bahan yang mengandung kimia keras pada rambut Anda dan konsultasilah dengan trichologist.Editorial Credit: Denis Makarenko / Shutterstock.com

Contact Us

Untuk membuat appointment atau mengirimkan pesan, silakan mengisi form ini.

Di samping itu, Anda juga dapat menghubungi tim telemarketing kami di (021) 3902 677 atau email ke telemarketing@svensonhair.co.id

[*] required fields.
Dengan meng-klik tombol "Submit", Anda berarti mengijinkan kami untuk menggunakan informasi di atas untuk menghubungi Anda melalui email dan/atau telfon untuk membantu Anda melakukan booking serta untuk menginfokan promo-promo marketing kami lainnya.

 

References:
1. – http://www.hairscientists.org/faq – The Trichological Society
2. – http://www.nicehair.org/can-dying-your-hair-cause-hair-loss/2/#sthash.OmMhHMue.dpuf
3 – The Mechanism of Hair Bleaching
LESZEK J. WOLFRAM, Ph.D., K. HALL, B.Sc., and I. HUI, M.Sc.*
Presented December 2, 1969, New York City
∗. – – www.washingtonpost.com/news/speaking-of-science/wp/2015/01/23/why-bleaching-wrecks-your-hair-and-how-to-make-it-better/
– www.livestrong.com/article/25946-bleaching-dying-hair-cause-hair/
×. www.healthxchange.com.sg/healthyliving/SkinBeauty/Pages/Can-hair-dye-cause-hair-loss.asp
ˆ. www.hairfinder.com/hairquestions/burned_hair.htm