6 Tanda-tanda Rambut Rontok

 

Pernahkan Anda melihat seseorang dengan gaya rambut yang sempurna dan berandai-andai bisa menirunya tetapi Anda segera sadar bahwa rambut Anda tidak sedemikian tebal atau lebat untuk mencoba gaya rambut tersebut? Kemudian Anda mulai sadar bahwa rambut Anda terlalu tipis! Apakah ini merupakan suatu tanda awal kebotakan? Namun, Anda baru berusia 20-an atau awal 30-an, sehingga apakah mungkin Anda sudah mengalami kebotakan? Bukankah rambut rontok itu hanya terjadi pada para pria di usia paruh baya?

woman-coffee-phone

 

RAMBUT RONTOK TERJADI LEBIH AWAL DARIPADA YANG KITA KIRA

Kebotakan dini bisa terjadi pada siapapun di segala usia – bukan hanya pada para pria usia paruh baya. Seringkali tidak ada indikasi awal selain tanda fisik berupa kerontokan rambut, sehingga amat penting untuk waspada terhadap gejala awal kebotakan dini ini sehingga bisa di tangani dari awal sebelum menjadi parah.

Menurut sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen pria mulai mengalami kebotakan dini atau kerontokan rambut yang parah pada saat mereka menginjak usia 30. Presentase ini meningkat secara proporsional dengan usia dan diprediksi kemungkinan setengah dari populasi pria akan mengalami kebotakan di usia 50 tahun.

Bermacam perbedaan bisa dilihat di beberapa tempat di dunia. Sebagai contoh, para pria keturunan Cina atau Jepang mempunyai kemungkinan yang lebih kecil untuk terpengaruh kerontokan rambut. Para ilmuwan berpendapat bahwa para pria Asia mempunyai lebih sedikit enzim di dalam folikel rambut mereka, yang menyebabkan mereka lebih terhindar dari rambut rontok dibanding para pria Kaukasia.

Salah satu penyebab kebotakan itu lebih lazim terjadi pada pria adalah karena enzim-enzim dalam tubuh pria mengubah testosteron (hormon seks utama pria) menjadi Dihydrotestosterone (DHT). DHT adalah hormon yang merupakan salah satu penyebab kebotakan pada pria dengan membuat rambut menjadi lebih pendek dan tipis.

6 TANDA-TANDA AWAL DARI RAMBUT RONTOK

Jadi bagaimana cara untuk mengetahui apakah Anda mengalami rambut rontok melebihi kewajaran? atau bagaimana cara mengetahui apakah kita akan mengalami kebotakan di masa depan?

Kami telah membuat daftar mengenai 6 cara mendeteksi sendiri tanda-tanda awal kebotakan dini.

Hair Loss Denial

1. Apakah ada dari teman dekat atau anggota keluarga Anda yang berkomentar mengenai rambut yang mulai menipis? Salah satu tanda jelas kebotakan dini adalah waktu teman Anda mulai memperhatikannya sebelum Anda sadar akan hal itu.

2. Garis rambut yang semakin mundur pada ujung kening (widow’s peak) adalah tanda dari tahapan awal dari kebotakan dini. Akan tetapi dikarenakan kebotakan merupakan suatu proses bertahap, maka akan berlangsung beberapa saat sebelum Anda sadar apa yang terjadi. Pada saat bercermin Anda dapat melihat bahwa garis rambut Anda telah banyak mundur menjauh dari alis atau rambut pada kening Anda mulai menghilang.

3. Bandingkan foto Anda setahun atau dua tahun yang lalu dengan foto Anda sekarang. Anda dapat melihat bukan saja garis rambut Anda yang semakin mundur namun juga kemungkinan bagian mana yang mengalami penipisan.

4. Periksa rambut-rambut rontok pada bantal Anda, shower, saluran buang air mandi atau pada tangan anda sewaktu mengibas rambut Anda di pagi hari. Apakah jumlahnya sangat banyak?

5. Pisahkan rambut Anda di bagian tengah dan tarik ke belakang untuk melihat kulit kepala Anda. Lakukan ini secara rutin dan perhatikan apakah Anda melihat perubahan-perubahan dalam lebar celah antara rambut. Celah yang melebar yang lebih memperlihatkan kulit kepala adalah suatu indikasi dari penipisan rambut yang dapat berlanjut kepada kebotakan dan kemungkinan kebotakan pada bagian atas kepala Anda (crown).

6. Observasi rambut dari para kerabat Anda. Meskipun gen kunci dari kebotakan terdapat pada kromosom X, yang anda dapatkan dari ibu Anda, itu bukan merupakan satu-satunya faktor genetik yang memegang peran. Para pria yang mempunyai ayah yang botak mempunyai kemungkinan lebih besar untuk juga menjadi botak dibanding dengan para pria yang mempunyai ayah tidak botak. Oleh karena itu, periksa rambut para saudara Anda untuk mendapatkan petunjuk yang lebih baik mengenai masa depan rambut Anda.

LEBIH AWAL LEBIH BAIK DARIPADA TERLAMBAT (DAN MENYESAL)

Genetic Hair Loss

Jika Anda merasa garis rambut Anda semakin mundur atau Anda menyadari adanya tanda-tanda lain kebotakan dini, tidak perlu khawatir. Meskipun kondisi ini merupakan kondisi yang progresif, ada beberapa perawatan yang tersedia dan telah terbukti secara sukses bisa memperbaiki keadaan ini. Selama Anda mendapatkan saran yang benar dan menjalankan perawatan optimum yang dapat menyesuaikan dengan jenis kerontokan rambut Anda, garis rambut yang makin menghilang dapat dihentikan, dan dalam banyak kasus rambut-rambut tersebut dapat ditumbuhkan kembali. Jangan menunggu sebelum sudah terlambat.

APAKAH KEHILANGAN RAMBUT SUATU HAL YANG BESAR UNTUK PRIA?

Sewaktu pria mulai kehilangan rambut, ada dua hal yang menghilang – rambutnya dan percaya diri nya. Studi di Spanyol menyatakan lebih dari 62 persen pria yang mengalami kebotakan dapat mengendurkan kepercayaan dirinya. Ini bukan kenyataan yang dilebih-lebihkan di abad 21. “Rambut yang tebal selalu di asosiasikan dengan jiwa muda dan maskulinitas” ujar Albert Mannes, Ph.D, seorang periset dari Universitas Pennsylvania yang mempelajari mengenai persepsi tentang kebotakan. “Kehilangan rambut menandakan penuaan”.

MENGAPA TIDAK PADA WANITA?

man-woman-hair

Karena hormon seksual pria – testosteron, mempunyai peran besar pada rambut, dan wanita tidak kehilangan rambut nya dengan cara yang sama.

Sewaktu wanita mencapai fase menopause, level dari hormon seksual wanita – estrogen menurun, dan hormon testosterone yang selalu ada dalam diri wanita mulai mempunyai efek.

Gejala ini dapat berlanjut kepada pertumbuhan rambut yang lebih tipis, namun lebih terdistribusi secara merata, dibanding dengan mundurnya garis rambut seperti pada pria.

TRIVIA TENTANG RAMBUT

Darimana nama “widow’s peak” berasal?

Menurut mitos abad ke 19, wanita yang mempunyai penampilan fisik seperti ini akan hidup lebih lama dibanding para suami, sehingga dinamakan widow’s peak.

Ini tentu saja bukan suatu prediksi dari umur yang panjang – lebih merupakan karakter gen yang dominan yang dapat di lihat pada orang-orang dari berbagai macam usia dan latar belakang.

Para selebriti yang mempunyai widow’s peak adalah Jude Law dan John Travolta.

Jude_Law_hairline

Editorial Credit: Denis Makarenko / Shutterstock.com

 

Contact Us

Untuk membuat appointment atau mengirimkan pesan, silakan mengisi form ini.

Di samping itu, Anda juga dapat menghubungi tim telemarketing kami di (021) 3902 677 atau email ke telemarketing@svensonhair.co.id

[*] required fields.
Dengan meng-klik tombol "Submit", Anda berarti mengijinkan kami untuk menggunakan informasi di atas untuk menghubungi Anda melalui email dan/atau telfon untuk membantu Anda melakukan booking serta untuk menginfokan promo-promo marketing kami lainnya.

REFERENCES:
1i. Help with hair loss. Mounsey AL, Reed SW, American Family Physician, 2009, volume 80, number 4, pages 373-374.
ii. Androgenetic alopecia and current methods of treatment. Bienova M, Kucerova R, Fiuraskova M, Hajduch M, Kolar Z, Acta dermatovenerologica Alpina, Panonica, et Adriatica, 2005, volume 14, number 1, pages 5-8.
iii. DHT (Dihydrotestosterone): What Is DHT’s Role In Male Pattern Baldness? Written by Tim Newman,Medical News Today, 2015
2 – What is hair loss (alopecia)? What is baldness? Written by Christian Nordqvist, published medicalnewstoday.com/articles/70957
3 – Takashima M, Iju K, Sudo M. Alopecia androgenica: its incidendce in Japanese and associated conditions. In: Orfanos CE, Montagna W, Stutgen G, editors. Hair research status and future aspects.Berlin: Springer-Verlag; 1981. pp. 287–293.
4 – “Susceptibility variants for male-pattern baldness on chromosome 20p11.” Nat. Genet. 2008 Nov ; 40(11) : 1279-81 Epub 2008 Oct 12 Abstract
5 – Shorn Scalps and Perceptions of Male Dominance; Social Psychological and Personality Science; Albert E. Mannes, The Wharton School, University of Pennsylvania
6 – Androgenetic alopecia and current methods of treatment. Bienova M, Kucerova R, Fiuraskova M, Hajduch M, Kolar Z, Acta dermatovenerologica Alpina, Panonica, et Adriatica, 2005, volume 14, number 1, pages 7.

Comments are closed.